Blogger Jateng

Imam al-Haddad Ba'alawi Memuji Ulama Nusantara


Hubungan Sadah Ba'alawi dengan Nusantara dan ulamanya sudah sangat lama terjalin. Salah satu data tertua soal hubungan ini yang pernah kami baca adalah adalah sebuah kitab karangan Sadah Ba'alawi yang beliau tulis dengan bahasa Melayu untuk masyarakat Aceh. Ulama itu bernama sy-Syarif al-Habib Alawi bin Abu Bakar bin Husain Bafaqih. Kitabnya bernama an-Nur al-Nubin. Beliau selesai menulis pada tahun 1123 H/1711 M.

Tahun tersebut sangat mendekati tahun Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad selesai menulis kitab an-Nafais al-'Ulwiyyah fi al-Masail ash-Shufiyyah, yang selesai beliau karang pada tahun 1125 H/1713 M.


Dalam kitab ini Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad memention nama pembesar ulama Nusantara yang juga menjadi pahlawan nasional berkat kegigihannya melawan Belanda. Beliau adalah Syaikh Yusuf Abul Mahasin al-Jawi al-Makasari (w. 1699 M).

Habib Abdullah al-Haddad berkata dalam an-Nafais al-'Ulwiyyah (hlm. 144):

وهل بين النبوة والصديقية مرتبة أخرى؟

يتردد النظر فس ذلك، فذكر الشيخ العارف محمد بن عربي صاحب الفتوحات أن بينهما مرتبة أخرى تدعى بمرتبة القربة، وله في ذلك مؤلف لطيف، وقد رأيناه وقرئ علينا بتعز من بلاد اليمن، قرأه رجل من أهل العلم والتصوف، يسمى يوسف الجاوي، وهو من أصحابنا.

"Apakah ada tingkatan lain antara an-Nubuwwah dan ash-Shiddiqiyyah? Dalam perkara ini perlu dipertimbangkan.

Syaikh Muhammad bin Arabi, penulis kitab al-Futuhat al-Makkiyyah menyatakan di antara dua tingkatan tersebut ada tingkatan lain yang disebut tingkatan al-Qurbah. Syaikh Ibnu Arabi memiliki karya tipis tentang ini. Kitab ini telah saya lihat dan dibacakan di hadapanku di Ta'iz Yaman oleh seorang laki-laki yang ahli ilmu dan tasawwuf yang bernama Yusuf al-Jawi. Dia termasuk sahabat/santriku."

Lihat betapa mesranya antara dua pembesar ulama ini, Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad dan Syaikh Yusuf al-Makasari. Bahkan secara shorih Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad memuji Syaikh Yusuf al-Jawi al-Makasari sebagai ahli ilmu dan tasawwuf.

Hubungan kedua ulama ini juga dicatat oleh teman Syaikh Yusuf al-Makasari yang bernama Syaikh Hasan bin Ali al-Ujaimi (w. 1113 H) dalam kitab beliau yang berjudul Khabaya az-Zawaya (hlm 287). Ketika menyebutkan biografi Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad, beliau berkata:

وانتفع به جماعة منهم صاحبنا السابح في تيار بحار التوحيد الشيخ حسين بافضل رحمه الله، وصاحبنا الشيخ الشهير في قطره يوسف الجاوي.

"Banyak orang telah mengambil manfaat dari Habib Abdullah al-Haddad. Di antaranya adalah sahabat saya Syaikh Husain Bafadhol dan sahabat saya yang terkenal di daerahnya, Syaikh Yusuf al-Jawi."

Semoga hubungan masyarakat Nusantara, kiai maupun awamnya, dengan Sadah Habaib dapat terjaga, sebagaimana terjaganya hubungan Syaikh Yusuf al-Makasari dengan Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad. Aamiin.

Pati, 25 April 2024

Nanal Ainal Fauz

Posting Komentar untuk "Imam al-Haddad Ba'alawi Memuji Ulama Nusantara"