Blogger Jateng

Madzhab Imam Syafi'i, dan para pengikutnya

Madzhab Imam Asy-Syafi'i

Di negara Indonesia pada khususnya, dan wilayah Asia Tenggara pada umumnya, dalam bidang fiqih umat Islam mengikuti madzhab Imam Syafi'î RA. Dalam hal ibadah ataupun mu’amalah madzhab Syafi'iyyah selalu menjadi dijadikan pedoman sehari-hari. Siapakah sebenarnya Imam Syafi'î RA itu? Dan siapakah para tokoh golongan Syâfi'î ini? Lalu, apakah Imam Bukhârî termasuk salah seorang pengikut Imam Syafi'î RA?

Jawaban:

Nama lengkap Imam Syâfi'î RA adalah Muhammad bin Idrîs asy-Syâfi'î. Beliau lahir pada tahun 150 H, bertepatan dengan tahun wafatnya Imam Abû Hanîfah, dan wafat di Mesir pada tahun 204 H. Imam Syafi'î RA adalah seorang mujtahid muthlaq mustaqil. Selain ahli dalam bidang fiqh, beliau juga mahir dalam Ilmu Hadîts dan akidah. Tentang Keutamaan, keagungan dan keistimewaan Imam Syafi'î RA, Dr. Wahbah al-Zuhailî menyatakan:

كان مجتهدا مستقلاً مطلقا إماما في الفقه والحديث جمع فقه الحجازين والعراقيين . قال فيه أحمد "كان أفقه الناس في كتاب الله وسنة رسوله .. إلى أن قال .. " اتفق العلماء من أهل الفقه والأصول والحديث واللغة والنحر وغير ذلك على أمانته وعدالته وزهده وورعه وتقواه وجوده وحسن سيرته وعلو قدره . (الفقه الإسلامي وأدلته ، ج ١ ص ٣٦)

"Imam Syafi'î RA adalah seorang mujtahid mustaqil muthlaq, imam dalam bidang fiqh dan Hadîts. Beliaulah yang mampu menggabungkan fiqh Ulama Hijaz (sekarang wilayah Makkah dan Madinah) dan fiqh Ulama Irak. Imam Ahmad berkomentar, "Imam Syafi'î RA adalah orang yang paling mengerti tentang kitab Allah dan Sunnah Rasûlullâh SAW"...(seterusnya). . . Semua ulama ahli fiqh, ushül, Hadits, ahli bahasa serta ulama yang lain telah sepakat bahwa Imam Syafi'î adalah seorang yang amanah, adil, zuhud, wara', bertaqwa, pemurah, reputasinya baik serta mempunyai kedudukan yang mulia." (Al-Fiqh al-Islâmî wa Adillatuh, juz I, hal 36)

ِApakah Imam Bukhari Bermadzhab Imam Asyafi'i.?


Inilah keistimewaan dari pendiri madzhab Syâfi'î RA. Apa yang beliau rintis kemudian diteruskan oleh para pengikutnya, seperti Yûsuf bin Yahya al-Buwaithî, Abû Ibrâhîm Ismâ'îl bin Yahya al-Muzanî, dan lainnya. Termasuk pengikut madzhab Syafi'î adalah Imam Bukhârî. Syaikh Waliyullâh al-Dahlâwî menyebutkan dalam Al-Inshaf fî Bayâni Asbâb al-Ikhtilâf.

ومن هذا القبيل محمد بن إسماعيل البخاري فإنه معدود في طبقات الشافعية ، وممن ذكره في طبقات الشافعية الشيخ تاج الدين السبكي ، وقال إنه تفقة بالحميدي ، والحميدي تقة بالشافعي . واستدل شيخنا العلامة على إدخـــــــال البخاري في الــــشــافعية بذكره في طبقاتهم .(الإنصاف في بيان أسباب الإختلاف ، ٧٦)

"Termasuk kelompok ini (pengikut Madzhab Syâfi'î) adalah Muhammad bin Ismâ'îl al-Bukhârî. Sesungguhnya beliau termasuk salah satu kelompok pengikut Imam Syâfi'î. Di antara ulama yang mengatakan bahwa Imam Bukhârî termasuk kelompok Syafi'iyyah adalah Syaikh Tâjuddin al-Subkî. Beliau mengatakan, "Imam Bukhârî itu belajar agama pada al-Humaidî. Sedangkan al-Humaidî sendiri belajar agama kepada Imam Syâfi'î. Beliau juga berdalil tentang masuknya Imam Bukhârî dalam kelompok Syâfi'îyyah, sebab Imam Bukhârî telah disebut dalam kitab Thabaqât Syâfi'iyyah." (Al-Inshâf fî Bayâni Asbâb al-Ikhtilâf, 76)

Keterangan yang sama diungkapkan oleh Syaikh Musthafâ Muhammad 'Imârah:

وتفقه (البخاري) على مذهب الإمام الشافعي رضي الله عنه . (حواهـــر البخاري ، ۱٠)

"Dan Imam Bukhârî itu belajar (mengikuti) madzhab Syafi'î RA." (Jawâhir al-Bukhârî, 10)

Apabila dianalogikan pada keahlian, maka Imam Bukhârî diibaratkan pakar bahan baku, tetapi metode pengolahannya tetap mengikuti teori Imam Syafi'i RA. Imam Syâfiî RA, di samping ahli "bahan baku", beliau juga ahli mengolah “bahan baku" tersebut. Maka tidak heran apabila beliau menghasilkan produk hukum yang diikuti oleh umat Islam, termasuk juga para pakar Hadîts.

Posting Komentar untuk "Madzhab Imam Syafi'i, dan para pengikutnya"